Anatomi Regio Pergelangan Tangan dan Jari-jari

Anatomi

Untuk mempermudah dalam mempelajari daerah pergelangan tangan, tangan dan jari-jari dibagi menjadi:

  1. Distal radio-ulnar joint
  2. Carpalia (radiocarpal joint, intercarpal dan midcarpal joint)
  3. Ibu jari
  4. Tapak tangan dan jari-jari.

Anatomi Regio Pergelangan Tangan dan Jari-jari

  1. 1.     Distal radio-ulnar joint

Ulna mempunyai hubungan yang sangat penting dengan sendi siku, tetapi ujung distal ulna tidak  betul-betul berhubungan dengan tulang-tulang pergelangan tangan (carpalia). Tulang-tulang carpal hanya bersendi dengan tulang radius. Antara tulang ulna dan tulang-tulang carpal terdapat discus fibrocartilago.

Distal radio ulnar joint ini merupakan pivot joint  dan mempunyai satu axis gerak. Walaupun radius bergerak terhadap ulna, tetapi bukan berarti ulna tidak bergerak. Pada saat gerakan pronasi, ulna bergerak ke belakang dan lateral, sedangkan pada saat gerakan supinasi, ulna bergerak ke depan dan medial.

  1. Carpalia

Terdiri dari 8 buah tulang-tulang kecil yang satu sama lainnya saling bersendi.

  1. Radiocarpal joint

Sendi ini merupakan ellipsoid joint dan mempunyai 2 axis gerak. Radius bersendi dengan scapoid dan lunatum, sedangkan lunatum dan triquetrum tidak bersendi dengan ulna  melainkan dengan discus fibrocartilago. Discus ini membentang dari ujung distal  radius  samping ulna menuju ke  processus styloideus ulnae.

Fungsi discus ini untuk membantu  stabilisasi wrist joint, menghubungkan ulna dengan tulang-tulang  carpal menyatukan  ulna dengan radius serta  sebagai bantuan pada wrist joint. Diskus ini bisa rusak apabila terjadi trauma kuat kea rah ekstensi dan pronasi.

  1. Intercarpal joint

Adalah persendian diantara tulang-tulang carpal bagian proksimal (scapoid, lunatum dan triquetrum) dan persendian diantara tulang-tulang carpal bagian distal (trapezium, tapezoideum, capitatum dan hamatum). Persendian-persendian tersebut diperkuat oleh ligamentum intercarpalia (dorsal, palmar, interosseus), sehingga hanya memungkinkan sedikit gerakan geser.

  1. c.     Midcarpal joint

Adalah persendian yang dibentuk oleh tulang-tulang carpal deretan proksimal dengan deretan distal. Pada persendian ini tidak terdapat ligamentum interosseus sehingga gerakannya lebih luas dibandingkan dengan intercarpal joint.

  1. Carpal Tunnel

Tulang-tulang karpal membentuk dataran  melengkung dengan konkavitas  kea rah palmar. Dataran tersebut ditutupi oleh ligamentum carpitranversum sehingga membentuk tunnel yang disebut carpal tunnel. Didalam karpal tunnel  tersebut berjalan sejumlah struktur, terutama:

-          Empat tendon m. flexor digitorum superficialis

-          Empat tendon m. flexor digitorum profundus

-          Tendon m. flexor pollicis longus

-          Nervus medianus

Dengan keadaan seperti tersebut tidak mengherangkan bila  dengan adanya sedikit subluxasi dari salah satu tulang carpal atau oleh karena adanya sedikit pembengkakan pada salah satu tendon otot akan memperbesar tekanan didalam carpal tunnel. Adanya kenaikan tekanan tersebut bisa mengganggu  n. medianus sehingga terjadi  carpal tunnel syndrome.

  1. Otot-otot pergelangan tangan

Otot-otot yang menggerakkan pergelangan tangan ada 6 buah yaitu:

  1. M. ekstensor carpiradialis longus
  2. M. ekstensor carpiradialis brevis
  3. M. extensor carpi ulnaris
  4. M. flexor carpi radialis
  5. M. flexor carpi ulnaris
  6. M. Palmaris longus

Palmaris longus merupakan flexor pergelangan tangan yang letaknya sangat superficial pada samping palmar. Otot ini mudah Nampak saat terjadi gerakan menyentuhkan ibu jari ke jari kelingking. Sebanyak 10% dari populasi tidak mempunyai Palmaris longus dan kadang-kadang hanya terdapat pada satu samping. insertion otot Palmaris longus ini pada fascia Palmaris.

  1. Ibu jari

Hanya mempunyai dua ruas jari (phalanges). Tulang carpal I bersendi dengan tulang trapezium (dahulu disebut multangulum mayus) dan sendi ini disebut carpometacarpal I joint.

Pada saat terjadi gerakan ekstensi ibu jari,  kita akan melihat “tabatiere anatomique”, yang dibatasi oleh:

-          Tendon m. pollicis longus

-          Tendon m. extensor pillicis brevis dan m. abductor pollicis longus berjalan bersama  di dalam satu selubung tendon.

  1. Tapak tangan dan jari-jari

Tulang telapak tangan  (metacarpalia) ada 5 buah dan diantara tulang-tulang tersebut  terdapat otot-otot intrinsic tangan.

Jari-jari terdiri dari 3 ruas (phalanges). Gerakan jari-jari dilakukan oleh extensor digitorum communis dan dua otot flexor yaitu m. flexor digitorum superficialis dan profundus. Pada jari telunjuk terdapat extra extensor yaitu m. extensor indiscis propius   dan pada jari kelinking terdapat ekstensor digiti minimi. Gerakan abduksi dan adduksi jari-jari  dilakukan oleh m. interossei dan m. abductor digitiminimi.

Vaskularisasi pada pergelangan tangan dan tangan berasal dari arteria  radialis dan arteria ulnaris  yang keduanya saling beranastomosis. Innervasi motorisnya berasal dari nervus medianus dan nervus ulnaris. Sedangkan sensorisnya berasal dari nervus radialis, medianus dan ulnaris.

Sumber: Buku Mengenal Gerakan Sendi Menuju Manual Terapi

Oleh: M. Mudatsir Syatibi, Dipl.PT, SPsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>